September 23, 2016

Buat Masakan Lebih Gurih dengan Bumbu ini

Masakan yang bercita rasa gurih memang sangat menggugah selera. Biasanya kebanyakan orang menggunakan penyedap rasa yang berlebihan agar menghasilkan rasa gurih yang maksimal atau GUMAL (Gurih Maksimal hehe..). Namun bumbu-bumbu ini mampu menghasilkan rasa gurih yang sedap pada masakan kita, namun tetap dengan cara yang spesial. Mau tau caranya? Simak tips berikut ini ya.


Bumbu-bumbu dasar yang populer di Indonesia yaitu  terdiri dari bumbu putih, merah dan kuning.  Bumbu rempah dasar biasanya terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica dan jahe. Selain itu, ada juga yang meambahkan kemiri, kemiri, kunyit dan yang lainnya.

Bumbu dasar kuning biasanya terdiri dari bawang putih, bawang merah, merica, kemiri, kunyit, ketumbar, jahe, asam jawa, gula jawa dan garam. Untuk bumbu bacem, bumbu dasar kuning tinggal ditambah dengan gula merah. 

Untuk menghasilkan makanan yang gurih, sedap dan mantap, kita dapat memasak dengan cara mengungkep, bisa dilakukan untuk memasak ayam, daging dan lain sebagainya, agar bumbu lebih meresap.

Cara memasak ayam ungkep yaitu campur bumbu dasar kuning dengan bahan makanan ditambah daun salam, air atau air kelapa, masak dengan api kecil hingga bumbu meresap, masakan ditutup jaga jangan sampai kering apalagi hangus, ntar ga jadi dimakan, mubazir tau.

Jika ingin membuat ayam goreng, caranya baluri ayam goreng dengan bumbu dasar yang sudah dihaluskan, diamkan selama 15 menit agar bumbu lebih meresap baru kemudian digoreng. Bisa juga ayam yang telah dibaluri bumbu tadi disimpan dalam freezer untuk di goreng kemudian, sebagai stok.

No comments:

Post a Comment