October 20, 2016

Resep Martabak Manis Lembut dan Enak

Resep Martabak Manis lembut dan enak. Yeaayy, kali ini aku mau kasih resep martabak manis, atau biasanya dikenal nama martabak terang bulan, disebut terang bulan mungkin karena bentuknya yang bulat besar seperti pas bulan purnama yang terang benderang kali ya hehe..

Resep martabak terang bulan ini bisa juga menjadi resep untuk membuat martabak mini, kalau mau buat martabak mini ya tinggal pake ukuran cetakan yang mini aja kan, gampang tho.

Oke, sekarang saatnya buat intip-intip bahan membuat martabak manis alias martabak terang bulan, atau biasa juga disebut dengan hoklopan.
martabak manis terang bulan, martabak bangka hoklopan
Sumber : agsfood.net


Bahan membuat martabak manis :

  • Tepung terigu serbaguna 1/4 kg
  • Gula pasir sebanyak 30 gram
  • Telur 1 butir saja
  • Susu cair sebanyak 400 ml
  • Garam sebanyak 1/2 sendok teh
  • Baking soda sebanyak 1/2 sendok teh
  • Margarin secukupnya (untuk olesan saja)
Bikin minuman temen makan martabak klik di sini.

Bahan isisan martabak manis :
  • Susu kental manis (SKM) secukupnya, boleh merk apa saja
  • Cokelat Meises
  • Kaju Parut secukupnya
  • Selai kacang atau selai lainnya sesuai dengan selera
  • Bisa juga dengan gula pasir dan kacang tanah (jaman dulu hanya itu isinya)
Oke, sekarang kita ke langkah-langkah bagaimana cara membuat martabak manis rumahan yang enak dan lembut :

RESEP CARA MEMBUAT MARTABAK MANIS RUMAHAN YANG ENAK DAN LEMBUT
MARTABAK MANIS

  1. Campurkanlah menjadi satu dalam wadah yang cukup besar yaitu tepung terigu serbaguna, gula, telur, susu cair dan garam, aduk hingga merata dan tidak ada tepung yang menggumpal, agar lebih yakin adonan bisa disaring.
  2. Diamkan adonan selama lebih kurang 1 jam dalam suhu ruangan, artinya diamkan saja di dapur boleh ditinggal sambil nonton tv atau mengerjakan yang lain.
  3. Setelah 1 jam, lalu masukkan baking soda yang telah dicampur dengan sedikit air ke dalam adonan, aduk merata.
  4. Panaskan teflon atau wajan datar dan olesi dengan margarin. Kalau mau membuat martabak mini silahkan menggunakan ukuran wajan yang sesuai dengan keinginan anda, tapi nuang adonannya kira-kira ya, jangan wajannya kecil adonannya dituang semua hehe
  5. Tuang adonan sesuai dengan ukuran wajan, ukuran wajan sedang sekitar 2-3 sendok sayur, sambil di putar pada bagian tepinya sehingga bagian tepi agak meninggi seperti martabak pada umumnya
  6. Taburkan sedikit saja gula pasir, lalu tutup wajan hingga adonan matang dan terlihat berpori. Panggang martabak dengan api kecil. Sebaiknya menggunakan tutup wajan yang terbuat dari kaca agar bisa melihat tingkat kematangan tanpa harus membukanya.
  7. Jika telah matang, angkat martabak (kalau tidak diangkat nanti gosong dan ga enak dimakan) letakkan pada tempat datar, olesi bagian atasnya dengann margarin atau mentega, tuang susu kental manis serta bahan isian yang sesuai selera anda kemudian lipat martabak hingga menjadi setengah, jika susah dilipat karena ukuran kecil ga usah dilipat, pokoknya ga usah dibikin pusing lah gara-gara martabak.
  8. Yeay...martabak manis siap dinikmati bersama keluarga tercinta.
Happy cooking.

No comments:

Post a Comment