March 29, 2016

Kue Onde-onde dan Cara Membuatnya

Jajanan kue onde-onde biasanya berbentuk bulat berisi kacang hijau dan bagian luarnya ditaburi wijen. Kue onde-onde ini sudah sangat dikenal di Indonesia ini karena kue onde-onde sudah ada sejak jaman kerajaan Majapahit.

Di Indonesia pada umumnya jajanan kue onde-onde dibuat dengan menggunakan tepung ketan, namun dibeberapa wilayahnya ada yang membuat jajanan kue onde-onde dengan menggunakan tepung terigu.

Jika anda ingin membuat jajanan kue onde-onde, berikut saya berikan resep cara membuat jajanan kue onde-onde yang lezat dengan cara yang sangat mudah dan terbilang sederhana tetapi mempunyai rasa yang cukup enak dan lezat.

Gambar kue onde-onde nya pinjem dulu dari resepcaramemasak


Bahan-bahan untuk membuat jajanan kue onde-onde tradisional Jawa :

Bahan kulit jajanan onde-onde :
  1. Tepung beras ketan 1/2 kg (500 gram)
  2. Tepung beras 75 gram
  3. Gula pasir 1/4 kg (250 gram)
  4. Vanilli bubuk 1/2 sendok teh
  5. Garam 1 sendok teh
  6.  Air hangat 150 ml atau 1 gelas belimbing
  7. Wijen 200 gram
  8. Minyak untuk menggoreng
Bahan isian jajanan kue onde-onde :
  1. Kacang hijau 1/4 kg (250 gram dikupas kulitnya dengan cara direndam selama 4 jam)
  2. Garam 1/2 sendok teh
  3. Gula pasir 100 gram (1 ons)
  4. Vanili Bubuk 1/2 sendok teh
 Cara membuat kulit jajanan kue onde-onde :
Campurkan menjadi satu tepung beras ketan, tepung beras, gula pasir vanili bubuk, garam dan vanili kemudian aduk hingga rata. Sementara itu, masak air hingga panas namun jangan sampai mendidih dan angkat. Tuang air panas kedalam campuran bahan sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dipulung (dipungut dan digulung).

 Cara membuat isian jajanan kue onde-onde tradisonal Jawa :
Rebus kacang hijau dengan api kecil hingga empuk (lunak) kemudian masukkan gula dan vanili aduk hingga merata. Jika kurang empuk bisa ditambahkan air secukupnya, aduk terus hingga kering.

Cara membuat :

Ambil 2 sendok makan adonan kulit onde-onde, buat cekungan dengan cara memipihkan adonan di tangan kemudian isi cekungan dengan bahan isian kacang hijau kemudian tutup hingga isian tertutup kulit dengan sempurna. Celupkan bulatan kue onde-onde ke dalam air dingin lalu gulingkan bulatan onde-onde di atas wijen hingga tertutup rata sambil digulung-gulung agar bentuk onde-onde semakin bagus.

Panaskan minyak goreng kemudian kecilkan api dan goreng jajanan kue onde-onde hingga mengapung dan berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan.

Sajikan jajanan kue onde-onde dalam keadaan hangat.

Begitulah resep cara membuat jajanan kue onde-onde tradisional Jawa yang mudah. Selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment